Monday, May 25, 2020

Materi Produk Kreatif Kewirausahaan kelas XI

Materi Media Promosi Pemasaran 


A.    GAMBARAN USAHA OFFLINE DAN ONLINE

Berikut perbedaan usaha offline dan online

 

NO

Unsur Usaha

Online

Offline

1

Modal

Relatif murah hingga gratis

Relatif mahal

2

Jangkauan Pemasaran

Luas

Terbatas dan Relatif sempit

3

Waktu Operasional

Tidak terbatas

Hanya pada waktu tertentu

4

Sistem pemasaran

Mudah

Rumit

5

Jenis Produk

Jenisnya bervariasi

Jenisnya terbatas

6

Jumlah Persediaan Produk

Tidak harus tersedia dan hampir tidak ada

Harus tersedia

7

Cara Penjualan

Secara tidak langsung

Secara langsung

8

Sistem Pembayaran

Malalui transfer rekening ke bank

Secara langsung

9

Tenaga kerja

Sedikit dan hampir tidak ada

Relatif banyak

10

Pembukaan Cabang

Lebih mudah

Sulit karena butuh perencanaan yang matang

B.     Media Promosi Offline

 

Media promosi offline  adalah media untuk memberitahukan mengenai produk dan profil usaha melalui alat yang berwujud dan langsung tertuju kepada target konsumen.

Contoh: surat kabar, radio, dan televisi.

 Salah satu media promosi yang terkenal adalah iklan.

Pengertian Iklan

1.      Menurut KBBI, Iklan adalah berita atau pesan untuk mendorong dan membujuk khalayak ramai agar tertarik pada produk yang ditawarkan yang umumnya dipasang pada media massa, seperti surat kabar dan majalah atau di tempat-tempat umum.

2.      Peter dan Olson, iklan adalah penyajian informasi nopersonal mengenai suatu produk, merek, unit usaha, atau toko yang dilakukan dengan bayaran tertentu.

3.      Kriyantono, Iklan adalah bentuk komunikasi nonpersonal yang menjual pesan-pesan secara persuasif dari sponsor dengan membayar sejumlah biaya guna memengaruhi orang agar membeli suatu produk.

4.      Duriato,  Iklan adalah proses komunikasi yang bertujuan membujuk atau menggiring orang agar mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

5.      Russel dan Lane,   Iklan adalah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa.

Media Promosi Ruang Terbuka

1.      Brosur atau Pamflet

2.      Booklet

3.      Katalog

4.      Leaflet

5.      Flyer

6.      Kartu nama

7.      Billboard

8.      Baliho

9.      Spanduk

10.  Banner

Media Promosi Produk Alternatif

Perusahaan atau badan usaha dapat mempromosikan produknya melalui berbagai produk rumah tangga  yang bisa dimanfaatkan pelanggan. Misal; jam dinding, gelas, piring, botol minum, flashdisk, kaos, topi, tas, pulpen, payung, dan benda-benda lainnya.

Media Promosi Offline lainnya

a.       Word of Mouth, adalah promosi dari mulut ke mulut.

b.      Tester/Sampel, adalah promosi dengan cara membagikan contoh produk secara langsung kepada orang-orang yang menjadi target promosi.

c.       Surat Penawaran, Promosi ini menggunakan surat yang memuat info singkat tentang produk atau jasa yang dihasilkan usaha kepada pihak lain yang menjadi target promosi.

d.      Telemarketing, adalah media promosi lewat telepon langsung untuk memberi tahu mengenai informasi produk atau penawaran khusus tentang produk dan usaha.

e.       Iklan Media Cetak; promosi ini dengan cara memasang iklan di media cetak.

f.       Iklan Media Elektronik, Promosi ini dengan cara melakukan pemasangan iklan di media  elektronik.

Media Promosi Online

Berikut adalah contoh-contoh media online yang dapat digunakan untuk promosi atau sekaligus dijadikan sarana untuk melakukan usaha online:

1. Media Sosial

Berikut lima media sosial yang dapat mendukung bisnis online:

a. facebook, b. Twitter, c. Linkedln, d. Pinterest, e. Instagram,

2. SEO Googel

            SEO  kepanjangan dari Search Engine Optimization merupakan situs pencarian milik Google tidak berbayar atau non-iklan dari sebuah mesin pencarian.

            Tujuan   dasar SEO adalah meningkatkan posisi/ranking/peringkat sebuah situs web atau halaman web di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP).

            Tujuan utama SEO antara lain untuk meningkatkan volume trafik kunjungan pengguna internet, meningkatkan kualitas trafik kunjungan calon konsumen, dan mempertahankan kedua trafik tersebut secara berkesinambungan.

 

3. Blog dan Website untuk Bisnis

            Blog adalah sebuah aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan, yang dimuat sebagai artikel pada sebuah halaman web umum.

            Perbedaan antara blog dan website terkadang cukup membingungkan. Berikut perbedaan antara Web dan Blog.

           

No

Unsur

Web

Blog

1

Konten

Isi dengan genre serupa

Isi berbagai macam konten

2

Bahasa Konten

Bahasa Formal

Bahasa bersifat informatif (informal) dan sederhana

3

Coding

HTML5, CSS3,PHP

template

4

Daftar Konten

Data statis

Ada daftar kronologis postingan

5

Homapage

Isi dasar situs web

Berisi berbagai tulisan yang di posting

6

Rating

Tidak bergantung pada jumlah pengunjung

Bergantung pada jumlah pengunjung

7

Waktu

Waktu tidak memengaruhi

Waktu posting memengaruhi antara pukul 08.00-12.00

8

Interaksi pengguna

Kurang interaktif

Lebih interaktif

9

Seacrh engine

Pencarian terbatas

Pencarian tidak terbatas

 

 

 

 

 

 

3. Marketplace

             Marketplace secara bahasa adalah pasar di internet.

Contoh : Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Elevenia, Blibli, dan lain sebagainya.

 Beberapa keuntungan berjualan di marketplace:

a.       Sudah terciptanya transaksi jual beli

b.      Banyak belajar dari sesama penjual

c.       Keamanan bertransaksi dengan rekening bersama

d.      Bisa memanfaatkan rekening gratis

e.       Memiliki daya tarisk untuk konsumen karena konsep serba ada

 

4. Youtube

            Youtube adalah layanan video hosting online yang memungkinkan orang untuk berbagi video mereka.

 


Tuesday, April 7, 2020

Materi Produk Kreatif dan Wirausaha SMK Wikarya Karanganyar


Materri BAB Media Promosi Pemasaran
 Semester 2/ XI

Pengertian Promosi
            Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan antara seseorang atau suatu unit usaha dan masyarakat luas, dengan tujuan memperkenalkan suatu produk sekaligus memengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.
            Menurut Saladin (2003), Promosi adalah salah satu unsur dalam pemasaran unit usaha yang dimanfaatkan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk konsumen mengenai produk perusahaan.
           
Tujuan Promosi
1.    Menyebarluaskan informasi mengenai suatu produk kepada masyarakat atau calon konsumen potensial.
2.    Menjangkau dan mendapatkan konsumen baru serta menjaga loyalitas mereka.
3.    Membantu menginformasikan keunggulan dan pembeda produk yang dimiliki dibandingkan dengan produk pesaing.
4.    Menciptakan citra suatu produk di mata konsumen sesuai keinginan perusahaan.
5.    Memengaruhi pendapat dan perilaku konsumen terhadap suatu produk.

Jenis-jenis Promosi
1.    Promosi secara langsung adalah cara mengenalkan produk dengan bertemu calon konsumen secara langsung dalam suatu wilayah yang sudah ditentukan.
Kelebihan : memungkinkan wirausaha untuk menjangkau langsung dan melakukan interaksi langsung dengan calon konsumen.
Kekurangan: terbatasnya calon konsumen yang dapat dijangkau karena kegiatan seperti ini hanya diadakan pada lokasi tertentu.
Contoh : membagikan brosur, membagikan contoh sebuah produk, dan memasang spanduk digital.

2.    Promosi Melalui Media Offline adalah cara untuk mengenalkan produk dengan menggunakan media offline, seperti media cetak dan medi elektronik.
Kelebihan: dapat menjangkau banyak calon konsumen dalam waktu lama.
Kekurangan:  Biaya promosi mahal.
Contoh: memasang iklan di koran, TV, Majalah, Banner, dan Bilboard.

3.    Promosi Melalui Media Online  promosi ini dapat digunakan oleh para pengusaha seiring perkembangan teknologi dan media informasi. Jenis promosi ini mengenalkan produk, merek, dan usaha melalui media digital, seperti media sosial, yaitu instagram, facebook, twitter, line, dan pinterest; jaringan website, yaitu blog dan Wixsite: serta mesin pencarian, yaitu Google.
Petunjuk Tugas :
Silahkan isi presensi (nama, no dan kelas di kolom komentar)

 1. Buatlah brosur di buku gambar di beri warna. Isinya brosur berupa  promosi sekolah SMK Wikarya Karanganyar. Buatlah se kreatif kalian.
2.  Brosur tersebut silahkan di upload di media sosial : IG dan add ke IG : @Agus Yulians.
Kemudian tulis pada postingan kaliman ajakan :
#SMKWIKARYA BERSATU LAWAN CORONA
Penerimaan Siswa Baru SMKWikarya pendaftaran online
Silahkan klik link : http://bit.ly/ppdbSmKWikarya2020
#smkwikaryakaranganyar
#smkwikaryahits
#smkHebat
#karanganyar
#kabupatenkaranganyar
#ppdbsmk
#agendakaranganyar
#pelajarsmp
#smpkaranganyar
#ppdbonlie
3. Batas Akhir pengumpulan Tanggal 15 April 2020.

Wednesday, January 1, 2020

Cerita Anak


Olahraga Bersama Ayah


Setiap hari minggu Dodi lebih banyak menghabiskan waktunya di kamar tidur.  Dodi lebih memilih nonton televisi daripada berolahraga. Memang anak seusia Dodi lagi senang-senangnya menonton film kartun yang tayang setiap hari minggu. Dodi saat ini duduk di kelas empat sekolah dasar di SD Negeri I Solo.
.  Melihat sikap Dodi yang tidak pernah berubah. Ayahnya mencoba mencari solusi agar kebiasaan buruk itu dapat hilang. Ayahnya membuat program olahraga pagi di setiap hari minggu. Salah satu olahraga yang paling mudah yaitu  lari. Mengingat Dodi tidak suka  jenis olahraga yang berat.
Ayahnya pun menyampaikan rencana itu pada Dodi.  Awalnya Dodi menolak. Sebab Dodi tidak suka berolahraga, “Aku tidak mau lari ayah. Lari bikin capek.” Bantah Dodi.  Wajahnya terlihat cemberut.
“Dodi lari itu dapat menyehatkan badan.” Jelas ayahnya. Namun  Dodi abai malah  asyik nonton film kartun.
“Aku tidak mau!” Seru Dodi menolak ajakan ayahnya.  Melihat sikap Dodi ayahnya mencoba membujuk dengan penuh kesabaran.   Ayahnya memberikan nasehat akibat orang yang malas berolahraga.
“Orang yang malas berolahraga akan mudah terserang penyakit. Selain itu badannya akan jadi gendut.” Ayahnya dengan penuh kesabaran duduk di samping Dodi.  
“Aku tidak mau jadi gendut.” jawabnya cuek.
 “Maka dari itu Dodi harus berolahraga. Kalau Dodi rajin berolahraga badan menjadi kuat dan tidak mudah sakit.” jelas ayahnya pada Dodi. Namun, Dodi mengacuhkan nasehat ayahnya.
Ayahnya berusaha membujuk agar mau berolahraga. Sebab ada rasa khawatir jika tidak dibiasakan berolahraga  akan mengakibatkan sifat malasnya semakin bertambah.
“Nanti kita lari-lari di Car Free Day sambil melihat pertunjukan dari komunitas pecinta binatang.” Bujuk Ayahnya yang tidak kehabisan akal agar Dodi mau berolahraga.
 Dodi pun seketika mematikan televisi dan mendekat pada ayahnya.
“Baik ayah aku mau olah raga lari, tapi habis lari nanti kita melihat pertunjukan binatang ya?” pinta Dodi  penuh manja pada ayahnya. Dodi memang anak penggemar binatang. Di rumahnya ada beberapa binatang piaraannya seperti kucing Chinchilla, kelinci Angora, burung  Lovebird  dan berbagai jenis ikan hias.
***
Dodi dan ayahnya mempersiapkan diri untuk lari-lari pagi di CFD. Olahraga lari memang sengaja dilakukan  di Car Free Day agar Dodi senang. Jarak antara area CFD dengan rumah Dodi tidak begitu jauh.   
Melihat perubahan sikap Dodi, ayahnya sangat  senang sekali. Dengan berolahraga berharap  sifat malas dan kebiasaan nonton televisi setiap pagi  habis bangun tidur perlahan-lahan mulai hilang. 


Menulis Memoar, Mengapa tidak?


Setiap orang memiliki kisah, pengalaman, catatan atau rekaman tentang masa lalu. Kisah-kisah yang bertaburan suka maupun duka menjadi teman perjalanan dalam mengarungi hidup ini. Ada sebuah istilah “Life is a journey” yang memiliki makna bahwa kehidupan ini adalah suatu perjalanan yang diawali dengan Birth dan diakhiri dengan Death. Kemudian diantara keduanya ada choice yang berarti suatu pilihan. Perjalanan hidupa kita tidak lepas dari ketiga hal itu.
             
BIRTH-------CHOICE----DEATH

              Setiap kisah dalam perjalanan hidup ini kalau hanya dibuang begitu saja tentu sia-sia belaka. Maka perlu kita kemas dengan semenarik mungkin pengalaman hidup ini. Berharap orang-orang disekitar dapat belajar dari setiap sisi perjalanan hidup. Belajar dari sisi positif maupun sisi negatif. Agar kisah hidup kita berkesan dan menjadi sebuah kado untuk masa depan anak-anak bahkan cucu. Bingkailah kisah itu dalam sebuah bentuk tulisan bernama Memoar.
            Memoar merupakan catatan atau rekaman perjalanan hidup seseorang yang hanya sekelumit dari yang dikisahkan. Memoar bisa dikatakan tulisan kenangan, inspiratif yang berisi ide atau gagasan (menyerupai outobiografi) dengan menekankan pendapat, kesan, dan tanggapan penulis atas peristiwa-peristiwa pribadi yang direfleksikan dengan kehidupan sekitar. Memoar hampir mirip dengan outobiografi, namun bedanya memoar mengambil potret peristiwa tertentu dalam hidup seseorang. Memoar cenderung gaya membacanya seperti novel. Penggunaan bahasa dalam menulis memoar lebih santai, beragam kosa kata bahasanya dan hanya informasi relevan yang dimasukkan, tidak semua hal tentang hidup seseorang penulis harus dijelaskan.
            Ada beberapa judul buku menulis bersama sebuah memoar yang penulis pernah garap. Antara lain; Memoar Bermasjid (2017) penerbit Langgar Soeka Batja yang secara singkat dalam kisah buku ini tentang kisah masa kecil bermasjid. Salah satu penerbit indie yang penulis sering kali mengikuti event menulis Memoar yang berada di Solo yakni Diomedia. Merupakan salah satu penerbit yang mencoba mengambil peluang untuk menerbitkan buku-buku memoar yang saat ini masih sedikit penerbit yang melirik tentang menulis memoar. Beberapa tulisan tentang memoar yang penulis ikuti  di penerbit Diomedia; Memoar Guru Mengajar (2018) Penerbit Diomedia yang berisi kisah tentang pengalaman seorang guru ketika mengajar di dalam kelas, berkomunikasi dengan murid dan orang tua siswa, Memoar Bahagia Bersama Ibu Tercinta (2018)  berkisah tentang kenangan dan kebahagiaan sewaktu kecil bersama ibu tercinta, Memoar Patah Hati (2019) sekumpulan kisah-kisah orang yang tuna cinta dalam perjalanan kisah percintaan seringkali ada yang membuat patah hati, Memoar Bahagia Bersama Bapak Tercinta  (2019) perjalanan hidup bersama seorang bapak yang sering kali terlupakan, dan Memoar Pegiat Literasi (2019) kumpulan kisah para pecinta literasi dalam menyiarkan dan mengenalkan tentang literasi.
            Bagaimana menulis memoar?
             Menulis memoar menurut pandangan penulis lebih mudah daripada menulis cerpen atau novel. Sebab dalam menulis memoar lebih leluasa dan bebas serta tidak perlu memikirkan sebuah teknih seperti halnya ketika menulis cerita fiksi. Sebab orang lebih leluasa ketika dirinya menulis tentang kisahnya sendiri. Berikut penulis sajikan tips menulis memoar:
1.        Belajarlah mengeksplorasi diri sendiri
Salah satu tahap ketika menulis memoar harus berani mengeksplorasi diri sendiri dengan mengeluarkan catatan-catatan pribadi yang lebi dikenal dengan diary, foto-foto kenangan atau benda-benda yang menyimpan kenangan berkesan. Lalu, coba fokuskan diri pada sebuah kisah yang paling berkesan.
2.        Melihat kembali perjalanan hidup
“Everyone has story to tell”  setiap orang pasti memiliki kisah yang berkesan dan berbeda. Tuliskan cerita tentang hidupmu yang berbeda dan coba lepaskan semua. Jangan menunggu hal yang luar biasa, karena salah satu tantangan menulis memoar itu adalah cerita yang kita tulis dapat menginspirasi.
3.      Memulai menulis cerita yang menarik pembaca.
Kebiasaan seorang yang baru menulis adalah seringkali menulis sebuah cerita dari awal. Dalam menulis memoar hindari menulis secara kronologis. Mulailah menulis cerita yang dapat menarik hati para pembaca untuk membacanya tanpa memikirkan hasilnya. Ingat menulis memoar bukan menulis cerpen atau novel.
4.      Menghidupkan aliran emosi dalam diri penulis.
Coba ketika menulis memoar tulislah dengan hati.  Sebab dengan menggali emosi atau perasaan akan menjadikan semakin bersemangat untuk menulis. Selain itu jika menulis dengan hati maka hasilnya pun akan menarik dan jelas, bahkan menginspirasi para pembaca.
5.      Menulis memoar harus jujur dalam bercerita.
Seringkali penulis ketika mengisi pelatihan kepenulisan atau workshop mendapat sebuah keluh kesah dari para peserta bahwa ada rasa malu bahkan ketakutan ketika menulis cerita. Mereka khawatir apa yang ditulisnya merupakan pengalaman nyata atau kisah pribadinya. Modal jujur pada diri sendiri ketika menulis cerita atau memoar adalah sangat penting sekali untuk keberhasilan dalam menghasilkan kisah yang inspiratif. Hilangkan rasa takut, khawatir kalau perjalanan hidup kita nantinya mendapatkan efek negatif dari pembaca. Selain itu dalam menulis memoar harus memperhatikan kejelasan dalam setiap tulisan-tulisan agar tidak membingungkan pembaca.
6.      Ajaklah pembaca agar larut dalam setiap kisah yang ditulis.
Dalam teknik menulis sering mendengar sebuah kata nasihat dalam menulis cerita ‘show, don’t tell” hal itu berlaku dalam menulis memoar. Sebagai penulis memoar harus dapat mendiskripsikan ceritamu agar pembaca tahu apa yang terjadi. Bawalah pembaca untuk merasakan emosi yang mendorong mereka agar terus menghabiskan kalimat demi kalimat dalam ceritamu.
7.      Gunakanlah dialog dan bahasa metafora
Menulis memoar tidak jauh berbeda dengan menulis cerita fiksi. Hal yang membedakan terkait masalah teknik. Dalam menulis memoar bisa menggunakan dialog/percakapan dan bahasa-bahasa metafora bertujuan agar pembaca tidak bosan dan tentunya lebih menarik.
8.      Tanamkan rasa percaya diri
Ketika memutuskan untuk menulis sebuah memoar harus percaya diri bahwa apa yang kita tulis dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi para pembaca. Sehingga menjadikan diri dan orang lain semakin bijaksana.

Menulis memoar tidak harus memiliki masa lalu yang pahit atau pengalaman yang sangat menarik. Ingatlah! Setiap manusia mencoba ingin menemukan makna dalam setiap perjalanan kehidupannya. Dan cara untuk menemukan maknanya itu tentu saja berbeda-beda. Salah satunya dengan mengabadikan melalui menulis memoar.

Tulisan Disukai Pembaca

Mengulas Buku Fiksi Antologi Cerpen Amygdala

  Amygdala Sebuah Proses Kehidupan www.agusyulianto.com   Judul Buku : Antologi Cerpen FLP Jawa Tengah Amygdala Penulis : Rahman Hanifan, ...