Wednesday, January 1, 2020

Cerita Anak


Olahraga Bersama Ayah


Setiap hari minggu Dodi lebih banyak menghabiskan waktunya di kamar tidur.  Dodi lebih memilih nonton televisi daripada berolahraga. Memang anak seusia Dodi lagi senang-senangnya menonton film kartun yang tayang setiap hari minggu. Dodi saat ini duduk di kelas empat sekolah dasar di SD Negeri I Solo.
.  Melihat sikap Dodi yang tidak pernah berubah. Ayahnya mencoba mencari solusi agar kebiasaan buruk itu dapat hilang. Ayahnya membuat program olahraga pagi di setiap hari minggu. Salah satu olahraga yang paling mudah yaitu  lari. Mengingat Dodi tidak suka  jenis olahraga yang berat.
Ayahnya pun menyampaikan rencana itu pada Dodi.  Awalnya Dodi menolak. Sebab Dodi tidak suka berolahraga, “Aku tidak mau lari ayah. Lari bikin capek.” Bantah Dodi.  Wajahnya terlihat cemberut.
“Dodi lari itu dapat menyehatkan badan.” Jelas ayahnya. Namun  Dodi abai malah  asyik nonton film kartun.
“Aku tidak mau!” Seru Dodi menolak ajakan ayahnya.  Melihat sikap Dodi ayahnya mencoba membujuk dengan penuh kesabaran.   Ayahnya memberikan nasehat akibat orang yang malas berolahraga.
“Orang yang malas berolahraga akan mudah terserang penyakit. Selain itu badannya akan jadi gendut.” Ayahnya dengan penuh kesabaran duduk di samping Dodi.  
“Aku tidak mau jadi gendut.” jawabnya cuek.
 “Maka dari itu Dodi harus berolahraga. Kalau Dodi rajin berolahraga badan menjadi kuat dan tidak mudah sakit.” jelas ayahnya pada Dodi. Namun, Dodi mengacuhkan nasehat ayahnya.
Ayahnya berusaha membujuk agar mau berolahraga. Sebab ada rasa khawatir jika tidak dibiasakan berolahraga  akan mengakibatkan sifat malasnya semakin bertambah.
“Nanti kita lari-lari di Car Free Day sambil melihat pertunjukan dari komunitas pecinta binatang.” Bujuk Ayahnya yang tidak kehabisan akal agar Dodi mau berolahraga.
 Dodi pun seketika mematikan televisi dan mendekat pada ayahnya.
“Baik ayah aku mau olah raga lari, tapi habis lari nanti kita melihat pertunjukan binatang ya?” pinta Dodi  penuh manja pada ayahnya. Dodi memang anak penggemar binatang. Di rumahnya ada beberapa binatang piaraannya seperti kucing Chinchilla, kelinci Angora, burung  Lovebird  dan berbagai jenis ikan hias.
***
Dodi dan ayahnya mempersiapkan diri untuk lari-lari pagi di CFD. Olahraga lari memang sengaja dilakukan  di Car Free Day agar Dodi senang. Jarak antara area CFD dengan rumah Dodi tidak begitu jauh.   
Melihat perubahan sikap Dodi, ayahnya sangat  senang sekali. Dengan berolahraga berharap  sifat malas dan kebiasaan nonton televisi setiap pagi  habis bangun tidur perlahan-lahan mulai hilang. 


1 comment:

Unknown said...

Nama : seftiana
No. : 17
Kelas: XI AKL 2

Tulisan Disukai Pembaca

Mengulas Buku Fiksi Antologi Cerpen Amygdala

  Amygdala Sebuah Proses Kehidupan www.agusyulianto.com   Judul Buku : Antologi Cerpen FLP Jawa Tengah Amygdala Penulis : Rahman Hanifan, ...