Sunday, March 10, 2019

Catatan Perjalanan Forum Lingkar Pena Cabang Karanganyar


Laporan Pertanggung Jawaban
Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Karanganyar
Periode 2016-2019

Bismillah
Assalamu’alaikum wr.wb.
            Alhamdulillah, Allah swt masih memberi nafas pada kita hingga saat ini. Tak terasa, hampir empat  tahun sudah mulai bulan September 2016 hingga Maret 2019 saya membersamai rekan-rekan pejuang pena FLP Cabang Karanganyar. Tentu saja hal itu tidaklah mudah. Berawal di tahun 2016 sebuah keberanian muncul pada diri saya untuk menghadirkan sebuah organisasi literasi Forum Lingkar Pena di Kabupaten Karanganyar. Hal itu dilatar belakangi di kabupaten Karanganyar memiliki potensi yang baik dalam hal literasi dan juga sebuah mandat bahwa per kabupaten perlu adanya Forum Lingkar Pena agar organisasi literasi dakwah ini dapat berkembang dengan baik dan bisa memberikan pencerahan dan warna dalam dunia literasi di Kabupaten  Karanganyar. Di awal kepengurusan tahun 2016 merupakan tahun perintisan yang hanya dinakhodai oleh satu laki-laki dan 5 perempuan. Berbagai upaya kami lakukan agar FLP Cabang Karanganyar ini tetap bertahan meski kala itu belum memiliki begitu banyak anggota. Hingga akhirnya, kami memberanikan diri untuk mengadakan pengkaderan agar ada regenasi dalam kepengurusan ini.
Alhamdulillah, Pengkaderan pertama FLP Cabang Karanganyar mendapat sambutan yang positif dari masyarakat. Kami dapat menjaring kurang lebih 60-an anggota baru. Semangat kami pun menyala untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan budaya literasi di Kabupaten Karanganyar. Berbagai program kami adakan sebagai fasilitas kami untuk mengembangkan soft skill para anggota baik dari segi kepenulisan, Keorganisasian dan Keislaman. Hal itu sesuai dengan tiga pilar yang ada di Forum Lingkar Pena.  Pada tahun 2016 hingga 2019 begitu banyak program yang kami adakan; Traning Kepenulisan Dasar (OPREC), Sekolah Menulis, Pengembangan Diri  dan Keorganisasian, Kajian ke Islaman, Seminar Literasi, Workshop Kepenulisan, Bakti Sosial, Kelas Menulis On Iine, FLP Karanganyar Goes To Schooll dan lain sebagainya. Bukan hanya program kegiatan saja, tetapi kami juga mendapat kepercayaan dari lembaga atau instansi untuk menjalin kerjasama. Beberapa lembaga atau instansi yang bekerjasama dengan Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Karanganyar antara lain; Lembaga Sosial Baitul Mal Al Itqon Karanganyar, Organisasi Remaja Masjid Kabupaten Karanganyar FOSREMKA, Instansi Perguruan Tinggi Jurusan Tadris Bahasa Indonesia- IAIN Surakarta, Lembaga Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karaganyar. Selain itu FLP Cabang Karanganyar juga bersinergi dengan komunitas yang ada di Karanganyar seperti komunitas Kamar Kata Karanganyar, Komunitas Relawan Karanganyar Cerdas dan lain sebagainya.  Bukan hanya itu dalam ranah literasi para anggota FLP Karanganyar sudah menghasilkan sebuah karya buku antologi Cerpen  Tentang Jarak, Antologi Puisi, dan kumpulan cerita anak. Selain itu juga para kader FLP Karanganyar juga sudah menerbitkan buku solo maupun ikut dalam program antologi yang diadakan oleh komunitas literasi atau penerrbit baik mayor maupun indie.  Tulisan-tulisan dari aggota FLP Cabang Karanganyar juga tersiar di media baik cetak maupun on line. Juga menjuarai dalam berbagai lomba kepenulisan.  Alhamdulillah, Forum Lingkar Pena Cabang Karangayar yang bisa dikatakan baru berusia 3,5 tahun ibarat anak bayi tapi begitu cepat berlarinya dan dapat merangkul semua partisipan.
Sungguh Forum Lingkar Pena Cabang Karanganyar merupakan hadiah dan anugerah dari Allah SWT untuk Kabupaten Karanganyar.  Keberhasilan dari program-program literasi ini semua itu berkat kerjasama yang bagus antara pengurus dan anggota flp karanganyar. Meskipun dalam perjalanan selalu saja ada batu-batu yang kadang menyandung bahkan menjadikan kita berhenti sejenak atau batu itu membuat kita menjadi mundur dari dakwah literasi ini.
Saya selaku perintis dan ketua Forum Lingkar Pena Cabang Karanganyar bersama para pengurus di periode saya saat ini mengucapkan terimakasih atas kesabaran, semangat dan keaktifan para kader Forum Lingkar Pena Cabang Karangayar. Tentunya dalam kepengurusan saya saat ini masih banyak kekurangannnya, semoga tidak menjadikan semangat kader FLP Karanganyar kendor. Kami hanyalah manusia biasa yang masih banyak khilaf bahkan kekurangan dalam membersamai kader FLP Cabang Karanganyar.  Semoga di musyawarah ini  FLP Cabang Karanganyar yang ke I ini menghasilkan seorang pemimpin yang amanah, sabar, dan bekerja keras dalam mengembangkan budaya literasi di Kabupaten Karanganyar.  Pesan saya untuk seluruh kader FLP Cabang Karanganyar mari kita saling bekerjasama dan bergotong royong dalam mengembangkan dan memajukan Forum Lingkar Pena Cabang Karanganyar.  Luruskanlah niat dalam berdakwah di organisasi literasi ini.  Janganlah mencari penghidupan di FLP Karanganyar, tetapi hidupilah FLP Karanganyar dengan segala kemampuan yang kita miliki. FLP Karanganyar ini merupakan sebuah alat transportasi yang harus kita jaga dan rawat agar dapat berjalan dengan baik dalam memberikan asupan-asupan literasi yang berkeadaban.  
Flp Berbakti, Berkarya dan Berarti  sesuai dengan sloga itu saya berharap semoga anggota FLP Karanganyar dapat memberikan kontribusi literasi di kabupaten Karanganyar.  Demikianlah catatan-catatan kecil saya semoga dapat bermanfaat dan memberikan motivasi untuk kader FLP Karanganyar. Atas perhatiannya, saya dan segenap pengurus FLP Cabanga Karanganyar mengucapkan selamat atas terlaksananya Musyawarah Cabang FLP Karanganyar ke I semoga sukses untuk dakwah literasinya di kota Intanpari Kabupaten Karanganyar.
Wassalamu’alaikum wr.wb.

Salam Literasi
Ketua FLP Cabang Karanganyar periode 2016-2019

Agus Yulianto



No comments:

Tulisan Disukai Pembaca

Mengulas Buku Fiksi Antologi Cerpen Amygdala

  Amygdala Sebuah Proses Kehidupan www.agusyulianto.com   Judul Buku : Antologi Cerpen FLP Jawa Tengah Amygdala Penulis : Rahman Hanifan, ...