Kamis, 07 Agustus 2014

Resensi



Judul Buku            : Album Cerita Pilihan Emak Ingin Naik Haji
Penulis                   : Asma Nadia, dkk
Halaman                : 210 halm
Diterbitkan            : Asma Nadia Publishing House 2010


Emak ingin naik Haji merupakan sebuah cerita sederhana yang membuat kita menyadari arti penting sebuah perjuangan hidup. Haji adalah rukun Islam terakhir sekaligus mahkota, karena seorang manusia menemui Tuhannya dengan busana putih, melepaskan semua status dan label sosial dalam persaudaraan dan solidaritas dan kepedulian sempurna pada sesama manusia, khususnya dengan saudara Muslim sedunia.  Asmanadia dengan daya tarik khasnya memotret dengan baik kecenderungannya Haji ala Indonesia yang sibuk dengan status dan abai pada solidaritas antar-manusia.
Membaca cerita-cerita dalam buku ini sangat berpihak pada suasana kampung melalui pendekatan tradisional. Akan tetapi, penulis sangat cerdik menggarap cerita ini melalui pendekatan modern, dengan sengaja menghapus paragraf-paragraf antara yang menjembatani setiap babak. Dalam sekelebat, ada beban intelektual yang disematkan sehingga alur yang seharusnya mengalir dan karib sedikit diganggu justru oleh teknik penyampaiannya.
Cerita “ Emak Ingin Naik Haji” ini dramatik dan tragis sejak awal. Diceritakan dengan yang tidak linear, melainkan dipadukan dengan teknik kilas balik. Cerpen yang efektif, hanya sekitar 12 ribu karakter, namun telah menyodorkan tiga alur kisah yang kelak bersatu pada klimaks. Tokoh Emak dan Zein, yang menjadi alasan cerita ini ditulis. Keluarga Juragan Haji yang memicu keinginan Emak untuk naik haji, serta bos dan sekretaris yang mengantarkan alur pertama dan alur kedua menyatu sebagai drama.            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar