Tuesday, January 1, 2019

Kenapa Air Laut Asin?

                                               Sumber Gambar https://id.kisspng.com


Adik-adik kalau liburan biasanya pergi kemana? Pasti ada yang jalan-jalan ke kebun binatang, ke pantai,  atau ke rumah nenek di desa.  Nah, kali ini kakak ingin bercerita ketika kita pergi ke pantai dan tidak sengaja meminum sedikit air laut lidah kita merasakan asin. Kenapa ya air laut itu rasanya asin? mau tau tidak.! Nah, ini jawabannya?
            “Ketika adik-adik mencoba merasakan air laut rasanya kok beda dengan air yang ada di sumur. Asin sekali, kenapa ya? Nah begini jawabannya:”
            “Air yang jatuh saat hujan akan meresap di dalam tanah. Kemudian, air bercampur dengan garam mineral. Tidak lama kemudian, air yang telah meresap ini sedikit demi sedikit akan keluar dari tanah.  Air yang keluar dari tanah tersebut akan mengalir menuju sungai.
            Kemudian, setelah air sampai di sungai, air mengalir ke laut. Setelah air sampai di laut, air akan menguap. Namun, dalam proses penguapan tersebut, laut hanya melepaskan H2O saja.  Lalu, Apakah  garam mineral yang berada di dalam air ikut menguap?  Tidak ikut menguap. Dampaknya air laut terasa asin.
            Tau tidak manfaat air laut! Air laut yang asin itu di manfaatkan oleh para petani garam yang hidupnya di sekitar pantai  untuk membuat garam. “
            Begitulah adik-adik penjelasan kakak tentang air laut yang asin rasanya. Ternyata air laut juga berguna untuk kehidupan kita. Oleh karena itu, mari kita jaga air laut dari segala polusi.

No comments:

Tulisan Disukai Pembaca

Mengulas Buku Fiksi Antologi Cerpen Amygdala

  Amygdala Sebuah Proses Kehidupan www.agusyulianto.com   Judul Buku : Antologi Cerpen FLP Jawa Tengah Amygdala Penulis : Rahman Hanifan, ...