Sabtu, 01 Februari 2014

Review Buku IRC



Judul Buku          : Laskar Anak Pintar
Penulis                 : Andri Saptono
Halaman              : 128
Penerbit               : Indiva Media Kreasi, 2013

Review
 Novel anak yang berjudul Laskar Anak Pintar merupakan gambaran kisah petualangan seorang bocah yang bernama Maman, Lukman, Daud, Iqbal dan Sholeh.Mereka berlima hidup disuatu daerah pedesaan yang jauh dari keramaian kota.
 Mereka berlima merupakan anak dari keluarga sederhana.Maman anak seorang buruh serabutan yang meninggalkan bangku sekolahan dikarenakan ayahnya tidak sanggup untuk membiayai sekolah, Sholeh merupakan anak dari seorangl elaki yang berjualan pisang goreng keliling kampung, Sholeh merupakan anak yang cerdas, pandai dan selalu mendapatkan beasiswa.Tak ketinggalan Daud, Iqbal dan Lukman mereka semua sama berasal dari keluarga yang sederhana. Mereka merupakan sahabat yang sejati, meskipun keduanya memiliki karakter yang berbeda. Dalam hal ini Maman dikisahkan sebagai seorang anak yang tidak menempuh pendidikan Sekolah dan Sholeh merupakan seorang anak yang menempuh pendidikan atau anak sekolahan.  Hal tersebut tidak menjadi penghalang untuk mereka berdua. Biarpun berbeda status sosial ekonomi mereka, rasa kepedulian tetap ada didalam diri mereka. Sikap saling tolong menolong, menghormati sesamanya, serta rasa ingin menegakkan agama dengan cara yang mereka lakukan sungguh sangat mengesankan dan bisa dapat di jadikan contoh untuk anak-anak di era sekarang yang sudah mulai terkikis dengan budaya ceyber. 
Didalam buku ini kita dapat belajar dari seorang anak kecil yang memiliki kepedulian  yang baik untuk lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka. Mereka anak yang berasal dari keluarga miskin dan sederhana, namun dibalik itu semua mereka mampu menjadi pahlawan kecil di daerah tempat tinggal mereka.Berbagai permasalahan di kampungnya mampu mereka hadapi dan selesaikan bahkan solusipun mereka berikan kepada orang dewasa. Hal ini mengingatkan bahwa anak kecil saja bisa berbuat kebaikan, apalagi kita sebagai orang dewasa selayaknyalah harus bisa lebih baik.
 
Judul Buku          : Novel Batavia 1936
Penulis                 : Widya W Harun
Halaman              : 380
Penerbit               : Republika, 2009

Review
Novel ini berkisah tentang kisah cinta yang memilukan dari bangsa keturanan Belanda, Eropa yang tinggal di Negara Hindia (Indonesia) tahun 1936. Novel ini merupakan novel percintaan yang berlatar belakang pergerakan nasional. Cerita ini dibangun dari tempat yang secara nyata ada pada zaman itu yaitu menteng, batavia yang sekarang bernama Jakarta. Daerah Menteng yang dalam sejarahnya digambarkan sebagai kawasan yang prestisius bagi kalangan Eropa dan terlarang dimasuki oleh kalangan Bumi putra yaitu penduduk asli pulau jawa. Berawal dari sejarah inilah dimanfaatkan untuk membangun konflik horizontal antara orang-orang Eropa dengan Pribumi, yang menimbulkan kekhawatiran terjadinya Chaos di bumi Hindia. Wilayah yang menjadi setting utama dalam novel ini selain Menteng juga pasar Malam Gambir, yang mengispirasi Gubernur DKI Jakarta pertama,Ali Sadikin untuk membuat acara Pekan Raya Jakarta.
Novel ini menggambarkan secara apik putaran roda kehidupan  manusia dimana Keluarga Rijkaard merupakan keluarga keturunan dari Bangsa Eropa pertama yang masih menyembunyikan identitas agamanya dari Ratu Belanda, keluarga Rijkaard ini merupakan keluarga muslim. Ketika identitas agama mereka sampai ketahuan ratu Belanda akan berakibat fatal bagi posisi kedudukan di pemerintahan Rijkaard itu sendiri. Bagaimanapun keluarga ini merupakan keluarga yang terkenal di seantaro bumi Hindia, terkenal dari segi kekayaannya maupun kebaikannya kepada kaum pribumi. Tokoh utama dari novel ini adalah Kirani Rijkaard, seorang putri keturunan bangsawan Eropa yang kecantikannya membius setiap lelaki yang memandang dan seorang putri yang cerdas akan ilmu agamanya. Lelaki mana yang tidak terlena ketika memandang Kirani.  Meskipun keturunan orang Belanda akan tetapi, Jiwa Nasionalisme Kirani terhadap Negeri Hindia ini luar biasa kebijakan-kebijan yang bisa dikatan merugikan kaum pribumi pasti selalu ditentang olehnya.  Dikarenakan hal tersebut, Kirani akhirnya bergabung dengan para sekumpulan pemuda pribumi ; Syam, Tomo, Husein dan Poltak yang secara diam-diam membuat surat kabar gelap yang bernama Fajar. Surat kabar tersebut berisi berita yang selalu bertentangan dengan pemerintah yang masih dibawah oleh kolonial Belanda, sehingga mereka menjadi buronan oleh polisi. Akan tetapi, dengan kecerdikannya polisi sulit untuk melacak keberadaan mereka dikarenakan mereka semua membawa nama samaran ketika menulis di Koran Fajar.
Selain menceritakan tentang perjuangan novel ini juga menggambarkan kisah kehidupan yang hedonis bangsa Eropa kala itu. Kehidupan para bangsawan yang slalu dihiasi dengan party dalam kesehariannya. Tak terkecuali keluarga Rijkraad, suatu malam putri Rijkraad Kirana dan Kirani menghadiri pesta ulang tahun salah satu bangsawan. Berawal dari situlah kisah cinta Kirana dan Kirani mulai. Dalam pesta tersebut mereka berdua melihat ada seorang pemuda keturunan Eropa, Hans Deventer, seorang dokter muda, yang gagah dan baik hatinya. Wanita mana yang tidak tertawan hatinya. Akan tetapi, tidak dengan Kirani malah dia tidak menaruh perhatian sama sekali dokter muda tersebut. Meskipun dari seak tadi Hans selalu memperhatikan dirinya. Beda dengan kakaknya, Kirana, dia begitu terkesima dengan dokter muda tersebut.
Hingga pada akhirnya, Hans bermaksud ingin melamar Kirani. Hal tersebut disampaikan kepada Ayahnya tuan Philip Deventer. Bagaimana tidak setuju Philip, perasaan senang dan haru mengelayuti diriny. Putra semata wayangnya ternyata ada keinginan untuk menikah. Namun ketika Hans menyampaikan maksud tersebut ada mbarsatu kesalahan yang tidak dia sampaikan siapa gadis yang dimaksud untuk dipinangnya. Alakulihal, ayahnya pun melamarkan putranya kepada tuan Rijkraad. Betapa tidak senang keluarga Rijkraad mendapat pinangan dari keluarga Philip yang bisa dikatakan antara Bobot, Bibit dan ras keturunan sama. Akhirnya Tuan Rijkraad menyampaikan maksud baik tersebut kepada istrinya Hailaila dn disampaikanlah maksud tersebut kepada Kirana sebagai anak pertamanya. Kenapa tidak disampaikan juga kepada Kirani? Karna dulu sepulang dari pesta Kirana bercerita kepada Ibunya kalau dia naksir dengan seorang dokter muda yang bernama Hans. Darisinilah tragedi berawal. Salah lamar pun terjadi. Betapa tidak kaget dan seolah tersambar petir, Kirani yang juga menyimpan rasa cinta kepada Hans begitu juga dengan Hans yang hanya bengong dan pingsan ketika lamaran terjadi bahwa yang dipinang tidak sesui dengan apa yang diinginkan. Lamaran pun tetap berjalan meskipun bahkan sampai kepernikahan yang direncanakan 3 bulan setelah lamaran. Hans begitu sulit menerima ini semua dan dia juga menyadari kalau dulu nama gadis yang ingin dipinang disampaikan pasti tidak terjadi hal seperti ini. Ketika igin di putuskan saja Hans takut bisa mencederai hubungan Ayahnya Philip dengan tuan Rijkraad.
Ceritanya tidak hanya sampai disitu saja, masih ada kisah-kisah yang memilukan di akhir cerita. Novel ini sangat berkesan ketika kita membacanya, selain kisah cinta didalam novel ini juga bumbui dengan pengetahuan keagaamaan islam. Seperti poligami, perkawinan beda agama, dan tentu saja tentang keutamaan Sholat.

 Surakarta, 1 Februari 2014





Tidak ada komentar:

Posting Komentar