Kamis, 28 Oktober 2010

KETERAMPILAN BELAJAR

Keterampilan belajar adalah kemampuan kamu menyerap, menyimpan, dan mengeluarkan informasi. Dengan keterampilan belajar kamu bukan saja siap menghadapi dunia pendidikan saja, tapi juga bisa menghadapi dunia kehidupan yang sebenarnya. Percaya deh, keterampilan belajar yang kamu pelajari akan menjadi bagian dari cara kamu meraih kesuksesan dalam hidup. Di bawah in akan saya paparkan mengenai keterampilan belajar :

  1.  Metode Mengingat   
  Banyak jalan untuk bisa mengingat dengan baik, ada beberapa kiat yang bisa diikuti sebagai berikut, yang di singkat dengan nama KEKAL (KElompokkan, KAsih Kode, Lalu hubungkan)

  1. Kelompokkan    
  Teknik pertama dalam mengingat adalah dengan mengelompokkan data yang akan di ingat. Kalau kamu akan mengingat urutan presiden sebuah negara, maka mau bisa mengelompokkan berdasarkan tahun menjabatnya atau susunan abjadnya. Dalam hal ini ada beberapa strategi yang dapat kita gunakan untuk mengingat : (a) Password (kata kunci). Untuk pelajaran menghafal , perhatikan tiap paragraf yang kita baca, tentukanlah kata kuncinya yang bisa menggambarkan isi dari paragraf tersebut dan tandai atau lingkarilah.
     (b) Chunking system. Dengan cara mengelompokkan satu per satu, dengan di kasih nama yang uni sehingga menjalin satu cerita yang menyenangkan untuk diingat.
  2. Kasih Kode      
Ada beberapa teknik memberi kode dalam mengingat yang bisa kita coba :    
(a) Peg system; kita ganti angka dengan kata-kata yang menunjukkan angka tersebut, dengan mencari kemiripan : bunyi (contoh, satu dengan paku, dua dengan kuda)
                 bentuk ( contoh, 2 dengan bebek, 7 dengan tongkat)
                fungsi ( contoh, 007 dengan James Bond, 64 dengan angkutan kota- duduk kiri 6, kanan 4) 
(b) Akronim; singkatan yang merupakan kata yang dibentuk dari huruf-huruf awal atau bagian dari kelompok kata, sehingga memudahkan kita menghafal kreatif.
(c) Location tecnique; Dengan menempatkan daftar kata-kata yang akan kita hafalkan atau password-password dari hafalan kita .
  3. Lalu hubungkan   
Otak kanan kita berhubungan dengan irama, rima, musik, gambar dan imajinasi, yang disebut dengan aktivitas kreatif. Hubungkanlah dengan kata-kata kreatif untuk materi yang akan dihafalkan. Buatlah imajinasi dan asosiasi yang dapat menghubungkan sesuatu yang mirip dengan apa yang akan kita hafalkan.
                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar