Monday, May 25, 2020

Materi Produk Kreatif Kewirausahaan kelas XI

Materi Media Promosi Pemasaran 


A.    GAMBARAN USAHA OFFLINE DAN ONLINE

Berikut perbedaan usaha offline dan online

 

NO

Unsur Usaha

Online

Offline

1

Modal

Relatif murah hingga gratis

Relatif mahal

2

Jangkauan Pemasaran

Luas

Terbatas dan Relatif sempit

3

Waktu Operasional

Tidak terbatas

Hanya pada waktu tertentu

4

Sistem pemasaran

Mudah

Rumit

5

Jenis Produk

Jenisnya bervariasi

Jenisnya terbatas

6

Jumlah Persediaan Produk

Tidak harus tersedia dan hampir tidak ada

Harus tersedia

7

Cara Penjualan

Secara tidak langsung

Secara langsung

8

Sistem Pembayaran

Malalui transfer rekening ke bank

Secara langsung

9

Tenaga kerja

Sedikit dan hampir tidak ada

Relatif banyak

10

Pembukaan Cabang

Lebih mudah

Sulit karena butuh perencanaan yang matang

B.     Media Promosi Offline

 

Media promosi offline  adalah media untuk memberitahukan mengenai produk dan profil usaha melalui alat yang berwujud dan langsung tertuju kepada target konsumen.

Contoh: surat kabar, radio, dan televisi.

 Salah satu media promosi yang terkenal adalah iklan.

Pengertian Iklan

1.      Menurut KBBI, Iklan adalah berita atau pesan untuk mendorong dan membujuk khalayak ramai agar tertarik pada produk yang ditawarkan yang umumnya dipasang pada media massa, seperti surat kabar dan majalah atau di tempat-tempat umum.

2.      Peter dan Olson, iklan adalah penyajian informasi nopersonal mengenai suatu produk, merek, unit usaha, atau toko yang dilakukan dengan bayaran tertentu.

3.      Kriyantono, Iklan adalah bentuk komunikasi nonpersonal yang menjual pesan-pesan secara persuasif dari sponsor dengan membayar sejumlah biaya guna memengaruhi orang agar membeli suatu produk.

4.      Duriato,  Iklan adalah proses komunikasi yang bertujuan membujuk atau menggiring orang agar mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

5.      Russel dan Lane,   Iklan adalah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa.

Media Promosi Ruang Terbuka

1.      Brosur atau Pamflet

2.      Booklet

3.      Katalog

4.      Leaflet

5.      Flyer

6.      Kartu nama

7.      Billboard

8.      Baliho

9.      Spanduk

10.  Banner

Media Promosi Produk Alternatif

Perusahaan atau badan usaha dapat mempromosikan produknya melalui berbagai produk rumah tangga  yang bisa dimanfaatkan pelanggan. Misal; jam dinding, gelas, piring, botol minum, flashdisk, kaos, topi, tas, pulpen, payung, dan benda-benda lainnya.

Media Promosi Offline lainnya

a.       Word of Mouth, adalah promosi dari mulut ke mulut.

b.      Tester/Sampel, adalah promosi dengan cara membagikan contoh produk secara langsung kepada orang-orang yang menjadi target promosi.

c.       Surat Penawaran, Promosi ini menggunakan surat yang memuat info singkat tentang produk atau jasa yang dihasilkan usaha kepada pihak lain yang menjadi target promosi.

d.      Telemarketing, adalah media promosi lewat telepon langsung untuk memberi tahu mengenai informasi produk atau penawaran khusus tentang produk dan usaha.

e.       Iklan Media Cetak; promosi ini dengan cara memasang iklan di media cetak.

f.       Iklan Media Elektronik, Promosi ini dengan cara melakukan pemasangan iklan di media  elektronik.

Media Promosi Online

Berikut adalah contoh-contoh media online yang dapat digunakan untuk promosi atau sekaligus dijadikan sarana untuk melakukan usaha online:

1. Media Sosial

Berikut lima media sosial yang dapat mendukung bisnis online:

a. facebook, b. Twitter, c. Linkedln, d. Pinterest, e. Instagram,

2. SEO Googel

            SEO  kepanjangan dari Search Engine Optimization merupakan situs pencarian milik Google tidak berbayar atau non-iklan dari sebuah mesin pencarian.

            Tujuan   dasar SEO adalah meningkatkan posisi/ranking/peringkat sebuah situs web atau halaman web di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP).

            Tujuan utama SEO antara lain untuk meningkatkan volume trafik kunjungan pengguna internet, meningkatkan kualitas trafik kunjungan calon konsumen, dan mempertahankan kedua trafik tersebut secara berkesinambungan.

 

3. Blog dan Website untuk Bisnis

            Blog adalah sebuah aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan, yang dimuat sebagai artikel pada sebuah halaman web umum.

            Perbedaan antara blog dan website terkadang cukup membingungkan. Berikut perbedaan antara Web dan Blog.

           

No

Unsur

Web

Blog

1

Konten

Isi dengan genre serupa

Isi berbagai macam konten

2

Bahasa Konten

Bahasa Formal

Bahasa bersifat informatif (informal) dan sederhana

3

Coding

HTML5, CSS3,PHP

template

4

Daftar Konten

Data statis

Ada daftar kronologis postingan

5

Homapage

Isi dasar situs web

Berisi berbagai tulisan yang di posting

6

Rating

Tidak bergantung pada jumlah pengunjung

Bergantung pada jumlah pengunjung

7

Waktu

Waktu tidak memengaruhi

Waktu posting memengaruhi antara pukul 08.00-12.00

8

Interaksi pengguna

Kurang interaktif

Lebih interaktif

9

Seacrh engine

Pencarian terbatas

Pencarian tidak terbatas

 

 

 

 

 

 

3. Marketplace

             Marketplace secara bahasa adalah pasar di internet.

Contoh : Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Elevenia, Blibli, dan lain sebagainya.

 Beberapa keuntungan berjualan di marketplace:

a.       Sudah terciptanya transaksi jual beli

b.      Banyak belajar dari sesama penjual

c.       Keamanan bertransaksi dengan rekening bersama

d.      Bisa memanfaatkan rekening gratis

e.       Memiliki daya tarisk untuk konsumen karena konsep serba ada

 

4. Youtube

            Youtube adalah layanan video hosting online yang memungkinkan orang untuk berbagi video mereka.

 


Tuesday, April 7, 2020

Materi Produk Kreatif dan Wirausaha SMK Wikarya Karanganyar


Materri BAB Media Promosi Pemasaran
 Semester 2/ XI

Pengertian Promosi
            Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan antara seseorang atau suatu unit usaha dan masyarakat luas, dengan tujuan memperkenalkan suatu produk sekaligus memengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.
            Menurut Saladin (2003), Promosi adalah salah satu unsur dalam pemasaran unit usaha yang dimanfaatkan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk konsumen mengenai produk perusahaan.
           
Tujuan Promosi
1.    Menyebarluaskan informasi mengenai suatu produk kepada masyarakat atau calon konsumen potensial.
2.    Menjangkau dan mendapatkan konsumen baru serta menjaga loyalitas mereka.
3.    Membantu menginformasikan keunggulan dan pembeda produk yang dimiliki dibandingkan dengan produk pesaing.
4.    Menciptakan citra suatu produk di mata konsumen sesuai keinginan perusahaan.
5.    Memengaruhi pendapat dan perilaku konsumen terhadap suatu produk.

Jenis-jenis Promosi
1.    Promosi secara langsung adalah cara mengenalkan produk dengan bertemu calon konsumen secara langsung dalam suatu wilayah yang sudah ditentukan.
Kelebihan : memungkinkan wirausaha untuk menjangkau langsung dan melakukan interaksi langsung dengan calon konsumen.
Kekurangan: terbatasnya calon konsumen yang dapat dijangkau karena kegiatan seperti ini hanya diadakan pada lokasi tertentu.
Contoh : membagikan brosur, membagikan contoh sebuah produk, dan memasang spanduk digital.

2.    Promosi Melalui Media Offline adalah cara untuk mengenalkan produk dengan menggunakan media offline, seperti media cetak dan medi elektronik.
Kelebihan: dapat menjangkau banyak calon konsumen dalam waktu lama.
Kekurangan:  Biaya promosi mahal.
Contoh: memasang iklan di koran, TV, Majalah, Banner, dan Bilboard.

3.    Promosi Melalui Media Online  promosi ini dapat digunakan oleh para pengusaha seiring perkembangan teknologi dan media informasi. Jenis promosi ini mengenalkan produk, merek, dan usaha melalui media digital, seperti media sosial, yaitu instagram, facebook, twitter, line, dan pinterest; jaringan website, yaitu blog dan Wixsite: serta mesin pencarian, yaitu Google.
Petunjuk Tugas :
Silahkan isi presensi (nama, no dan kelas di kolom komentar)

 1. Buatlah brosur di buku gambar di beri warna. Isinya brosur berupa  promosi sekolah SMK Wikarya Karanganyar. Buatlah se kreatif kalian.
2.  Brosur tersebut silahkan di upload di media sosial : IG dan add ke IG : @Agus Yulians.
Kemudian tulis pada postingan kaliman ajakan :
#SMKWIKARYA BERSATU LAWAN CORONA
Penerimaan Siswa Baru SMKWikarya pendaftaran online
Silahkan klik link : http://bit.ly/ppdbSmKWikarya2020
#smkwikaryakaranganyar
#smkwikaryahits
#smkHebat
#karanganyar
#kabupatenkaranganyar
#ppdbsmk
#agendakaranganyar
#pelajarsmp
#smpkaranganyar
#ppdbonlie
3. Batas Akhir pengumpulan Tanggal 15 April 2020.

Tulisan Disukai Pembaca

Mengulas Buku Fiksi Antologi Cerpen Amygdala

  Amygdala Sebuah Proses Kehidupan www.agusyulianto.com   Judul Buku : Antologi Cerpen FLP Jawa Tengah Amygdala Penulis : Rahman Hanifan, ...