Rabu, 17 November 2010

Kritikan Terhadap Pengajaran PAI

Pendidikan merupakan faktor penting dan menentukan dalam kehidupan suatu bangsa yang berbudaya. Kemajuan suatu bangsa sangat tergantung pada tingkat pendidikan yang diperolehnya. Pendidikan agama merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional yang memiliki kontribusi yang besar dalam penanaman nilai-nilai moral spritual dan perilaku keberagaman peserta didik. Penanaman nilai-nilai keagamaan ini sangat diprioritaskan dalam pembelajaran pendidikan agama karena pendidikan agama berperan penting dalam pembentukan sikap dan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. 
Salah satu masalah dalam pembelajaran PAI yang sering dikeluhkan oleh siswa yaitu selama ini dalam kegiatan belajar mengajar PAI masih sarat orientasi pengajaran ketimbang pembelajarannya. Akibatnya di kalangan siswa mata pelajaran PAI seringkali di pandang sebagai mata pelajaran yang menjemukan, sarat dengan dogma dan indoktrinasi norma-norma agama yang kurang membuka ruang bagi siswa untuk lebih kritis dan kreatif dalam proses belajar mengajar. Tidak mengeherankan jika kemudian siswa menjadi malas dan kurang bersemangat mengikuti matapelajaran ini. Selain itu masalah-masalah dalam pembelajaran PAI yaitu : 
  1. Masalah teknik pembelajaran yang tidak menumbuhkan motivasi siswa.
  2. Eksistensi guru bukan sebagai fasilitator yang membelajarkan siswa, melainkan pribadi yang mengajar atau menggurui.
  3. Penyampaian pesan pembelajaran dengan media yang kurang interaktif dan atraktif.
Mengingat posisi penting pendidikan agama khususnya PAI dalam sistem pendidikan kita sebagai satu dari tiga mata pelajaran yang wajib di ajarkan dari semua jenis, jalur, dan jenjang pendidikan. Maka penerapan "paradigma pembelajaran" dalam kegiatan belajar mengajar PAI harus segera di desak untuk di lakukan perubahan-perubahan sistem pembelajarannya. Dalam hala ini puslitbang pendidikan agama dan keagamaan, Balitbang dan Departemen Agama RI harus berusaha menginisiasi proses perubahan paradigma belajar mengajar PAI dari pengajara menuju pembelajaran dengan mengacu semangat dan kreativitas para guru PAI untuk berkreasi menemukan dan merumuskan berbagai inovasi baru pembelajaran PAI. Dengan itu diharapkan kegiatan belajar mengajar PAI kedepan lebih kreatif, menarik, dan menyenangkan di mata siswa serta efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar