Minggu, 17 Agustus 2014

Review IRC



Buku                    : Antologi Cerpen Ketika Mas Gagah Pergi dan Kembali
Penulis                 : Helvy Tiana Rosa
Jumlah Halm       : 344
Penerbit               : Asma Nadia Publishing House

Review

            Buku kumpulan cerita pendek karya sastrawan yang terkemuka Helvy Tiana Rosa merupakan cerpen remaja fenomenal dan sebagai pelopor bagi kebangkitan sastra Islami Kontemporer di Indonesia pada era 1990-an. Ketika Mas Gagah Pergi (KMGP) juga merupakan cerpen yang turut mempengaruhi perkembangan semangat belajar Islam di kalangan muda Indonesia. Inilah satu-satunya karya helvy yang habis 10.000 eksemplar sebelum buku tersebut dicetak tahun 1997 oleh Pustaka Annida.
            Cerita dari cerpen KMGP ini sangat menyentuh hati khususnya para remaja. Gita adik dari Mas Gagah sangat bangga kepada abangnya tersebut, kenapa? Mas gagah yang dulu dikenal sebagai laki-laki yang berhasil menjadi pribadi mandiri dengan dibuktikan mampu untuk membiayai kuliahnya selain itu juga sebagai abang yang sholeh dan taat beragama.Hampir semua sanak saudara bahkan tetangga begitu bangganya dengan sosok yang bernama Mas Gagah. Seorang lelaki yang memiliki rancangan masa depan yang jelas dalam menjalani kehidupan ini. Meskipun cara berfikirnya moderat, namun shalat tidak pernah ia tinggalkan.  Namun suatu hari takdir berkata lain, mas Gagah pergi meninggalkan Gita dan orang-orang yang dicintainya, apa yang terjadi dengan Gita? Dan ketika Gita perjalanan naik bus kota, kereta api, slalu saja teringat dengan sosok Mas Gagah. Hal tersebut dikarenakan ada sesosok laki-laki yang berkemaja kotak-kotak slalu memberikan siraman rohani di dalam bus kota maupun kereta. Dan mengapa lelaki tersebut slalu mengingatkan Gita pada sosok Mas gagah?
            Helvy Tiana Rosa begitu mahir dalam merangkai sebuah alur cerita begitu indah bahasanya, dan slalu membuat penasaran ketika membacanya. Disetiap cerita yang telah dibangunya slalu saja merasakan sebuah energi tersendiri ketika membaca goresan-goresan pena Helvy Tiana Rosa dalam serial KMGP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar