Minggu, 17 Agustus 2014

Review IRC



Judul Buku          : Gelombang Ketiga Indonesia
Penulis                 : Anis Matta
Halm                    : 116
Penerbit               : Tfi The Future Institute

Review
Buku Gelombang Ketiga Indonesia merupakan kumpulan catatan dan renungan seorang Anis Matta yang tulisan-tulisannya terserak di berbagai tempat. Sebagai sekjen partai selama 15 tahun, Anis larut dalam kesibukan mengurusi dapur partai. Yang menjadi fokus utama seorang Anis Matta adalah membangun kapasitas organisasi sebagai partai politik modern. Dalam masa itu Anis menghindari jabatan publik yang bisa mengalihkan fokus ini. Walaupun dia telah menjadi anggota DPR RI sejak 2004, namun fokus ini tetap menjadi perhatian seorang Anis Matta dalam kerja internal partai.
Di tahun yang penuh cobaan bagi partai yang di tungganginya, seorang Anis Matta selain sebagai seorang politisi juga dikenal sebagai penulis dapat mengompilasi catatan perenunganya selama menjadi satu jahitan gagasan yang relatif utuh dan siap didiskusikan secara terbuka di hadapan para pembaca .
Buku ini menggambarkan bagaimana seorang Anis Matta membaca sejarah. Meskipun, dia tidak berpretensi menulis sejarah Indonesia. Hanya menawarkan pembacaan tentang dari mana kita berjalan, sekarang ada dimana, dan mau kemana kita berjalan setelah dari tempat kita berpijak saat ini. Buku ini menjadi awal dari sebuah trilogi yang membahas perjalanan Indonesia sebagai bangsa. Buku ini membahas visi dan cara membaca realitas keindonesiaan hari ini. Pada buku ini Anis menawarkan cara melakukan periodesasi sejarah Indonesia kedalam tiga gelombang. Hari ini Indonesia memasuki gelombang ketiga dengan faktor pembentuk nilai, lingkungan yang mempengaruhi serta karakter masyarakat yang berbeda dari gelombang-gelombang sejarah sebelumnya.
Buku ini selanjutnya akan membahas agenda yang harus dijalankan dalam mencapai tujuan kesejahteraan Indonesia dalam lanskap sosial-politik di gelombang ketiga tersebut. Masyarakat yang makin berdaya dan cerdas, seiring dengan makin menisbinya hirarki dan otoritas negara, merupakan tantangan yang harus dijawab oleh negara dan lembaga politik lainnya. Yang paling penting, bagaimana kita harus memurumuskan agenda agar Indonesia yang sekarang berukuran menengah di bidang sosial, ekonomi dan pengaruh politik Internasional ini dapat melakukan lompatan menjadi negara yang lebih maju, makmur dan ikut menentukan percaturan dunia.
Setelah kita menyepakati agenda transformasi Indonesia ke depan, kita perlu mendiskusikan strategi dan pendekatan manajemen dalam mewujudkan agenda tersebut. Tujuan kita berbangsa tetap sama, tetapi cara mewujudkannya menjadi jauh berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya. Pendekatan dan strategi ini yang akan dituangkan dalam buku ketiga Anis Matta sekaligus sebagai pamungkas dari Trilogi Indonesia.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar