Kamis, 23 Januari 2014

Review Buku IRC



Judul Buku          : La Tahzan for Students bercermin dari kisah inspiratif & perjuangan para pelajar Indonesia di Jepang.
Penulis                 : Lisman Suryanegara, Rose FN, Khoirul Anwar, dkk
Hal                       :252 halaman
Penerbit               : PT Lingkar Pena Kreativita, 2011

Review
Buku ini mengisahkan perjuangan para pelajar Indonesia dalam menuntut ilmu di Negara Sakura, Jepang.  Ide awal dari penulisan buku ini berawal dari kegundahan seorang pelajar bernama Lisman Suryanegara. Dia sering menghadapi rintangan selama kuliahnya. Dengan maksud berbagi semangat dalam belajar, dia mengajak beberapa pelajar dan mantan pelajar di Jepang untuk bergabung menuliskan kisah perjuangan mereka.
Kisah yang lucu dan unik bahkan sedih menghiasi jalannya cerita di dalam buku ini. Belajar di jepang merupakan sebuah pengorbanan bagi para mahasiswa karena harus berpisah dengan orang tua tercinta, keluarga, sanak saudara dan juga sahabat. Bahkan ada satu cerita didalam buku ini yang mengena di hati pembaca yaitu ketika ada seorang wanita yang dari dulu memimpikan ingin kuliah di Jepang rela menunggu sekian lamanya akhirnya impian itu terwujud berupa beasiswa dari Negeri Sakura tersebut. Akan tetapi, beasiswa itu datang ketika sesudah hari pernikahan dia berlangsung. Betapa sulitnya untuk memutuskan hal tersebut. Kegundahan pun menyelimuti dirinya. Sebagai pengantin baru tentunya masih ingin menikmati masa-masa indah bersama suaminya. Suatu saat dia berkonsultasi dengan suaminya. Akhirnya suaminya memberikan dukungan kepada dia untuk mengambil beasiswa ke Jepang. Pengantin baru masih melekat pada diri mereka, betapa berat langkahnya ketika harus berpisah dengan suaminya selama 6 tahun. Wanita itu akhirnya berangkat dengan langkah yang begitu berat hanya untuk mengejar cita-citanya.  Suaminya pun mengikhlaskan istrinya yang baru saja di nikahi untuk menuntut ilmu ke negeri Sakura.
Selain itu juga ada cerita yang menarik sekaligus membanggakan, selain tugas sebagai pelajar Jepang, para mahasiswa indonesia juga kerap membawa nama harum Bangsanya, seperti acara seni budaya, meraih prestasi akademik yang baik, menciptakan penemuan baru, serta kreativitas lainnya, termasuk menulis buku seperti ini.
Itu tadi sepenggal kisah dari Buku La Tahzan for Student yang tentunya sangat menarik untuk kita baca. Selain kisah-kisah yang mengharu biru juga didalam buku ini dilengkapi dengan cara dan tips mendapatkan beasiswa kuliah ke Jepang, Belajar Bahasa jepang dengan mudah dan lain sebagainya. Informasi yang ada di dalam buku ini berguna bagi kita semua dan segala pengalaman yang tertuang di dalamnya dapat diambil hikmahnya dan dicontoh sisi positifnya. 

Surakarta, 24 Januari 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar