Senin, 30 Desember 2013

Catatan Hatiku

Sebuah Perenungan  Akhir Tahun 2013 menuju Tahun 2014

Tahun 2013 merupakan sebuah perjalananku dalam menjelahi kehidupan yang penuh dengan ragam dan warna. Ketika aku ingin memukul mundur waktu untuk melihat kembali kisah perjalanan kehidupanku yang penuh intriks dan warna. Memoriku seketika terbang menuju masa lalu, mencoba menggali kembali suasana dan detail yang terjadi pada kisah yang kutuliskan setiap hari. Menggelitik, karena kurasakan beberapa emosi yang mengalir melalui tulisan tulisan itu. Perca-perca kisah yang menyusun pribadiku masa lalu dan mungkin masa kini.. artefak artefak yang meninggalkan fosil fosil kehidupan bahkan yang masih bisa kusaksikan hingga saat ini. Siapa pernah menebak bahwa tanda tangan yang kugunakan hingga saat ini memiliki sejarah yang kuukir pada tahun 2013 tersebut.
Di akhir tahun ini saya ingin mencatat berbagai hikmah kehidupan dan memetik pelajaran darinya serta memungut hikmah yang berserakan. Sebagai pembelajar dari kehidupan melalui universitas Alam Semesta Fakultas Kehidupan saya senang sekali mengamati dan mencermati hal-hal kecil dalam kehidupan, baik yang berada di lingkungan maupun sekitar kehidupan yang saya tahu. Sungguh beruntung orang yang mau belajar dari itu semua.
Kurasakan apa yang menjadi kisahku masa lalu adalah hikmah yang masih bisa kuambil hingga saat ini. Keinginan-keinginan yang telah terkubur waktu atau karakter yang telah berubah menjadi semakin baik atau sebaliknya. Namun perlu juga proporsionalitas agar diriku kini tak hanya berorientasi masa lalu melainkan juga sosok yang berorientasi masa depan, yang mampu menyeimbangkan antara kisah masa lalu dengan harapan masa depan yang terintegrasi menjadi sosok visioner yang matang dan bijak… memenuhi setiap poin muwashafat kader dasar dengan ikhtiyar terbaik.
Sejak masuk kuliah mungkin aku tidak pernah menulis diary secara khusus.. dan baru tahun 2010 aku pun menggunakan fasilitas blog yang kurasakan tak hanya bisa berbagi untuk diri sendiri tapi mungkin juga bermanfaat untuk orang lain.. dan aku pun ingat bahwa masih banyak diary lain yang pernah kutulis yang entah kini tersimpan di mana.
            Tahun 2013 memang sebuah fase dimana diriku memukul sebuah gong kehidupan untuk menentukan sebuah pilihan. Pertama masuk kuliah tahun 2009 hingga tahun 2012 merupakan sebuah fase dimana hidup dalam sebuah pilihan. Ketika kehidupan mengajakku untuk memilih sebuah masa depan. Aku pun terus mencari dan mencari kendaraan kehidupanku yang sesuai tentunya dengan diriku. Dan ditahun 2013 aku memang dihadapkan pada sebuah pilihan yang sudah mulai mengerucut. Setiap waktu aku analisis kegiatan dalam keseharianku akhirnya aku tahu bahwa diriku memang diciptakan untuk menjadi sosok intelektual muslim yang integral. Beragam aktivitas yang tak terbayangkan sebelumnya mengantarkanku pada sebuah misi perubahan kehidupan.
            Semangat muda kembali muncul dalam kehidupanku.  Sebuah proses dimana diri ini dibenturkan pada suatu persoalan menjadikan diri ini lebih untuk menatap masa depan. Ketika di tahun 2013 begitu banyak pemikiran yang datang dalam kehidupanku. Bahkan jiwaku sempat bertanya pada diri ini
 “ Wahai pemuda kontribusi apa yang akan kau berikan untuk Bangsa mu ini?”
“ Wahai Pemuda selama kau menempuh pendidikan S1 ilmu apa yang kau dapatkan?”
“Wahai pemuda sudah siapkah dirimu mengabdi untuk bangsamu?”
Dan begitu banyak seabrek pertanyaan yang bertubi-tubi menghujani diriku. Sampai saat ini aku belum bias menjawabnya. Masih aku simpan dalam sketsa kehidupanku. Tahun 2014 merupakan tahun berkiprahnya peran pemuda di panggung dunia. Tentunya jawaban dari pertanyaan itu akan aku jawab dan teraplikasikan dalam pengabdianku sebagai seorang muslim intelektual di tahun 2014. Melalui panggung seperti apakah aku hanya bias menunggu tentunya. Allah swt kini telah membuatkan sketsa kehidupanku yang baru di tahun 2014.

Tahun 2014 tahun dimana pemuda pemudi Indonesia berkiprah di panggung nasional.
 Ber-kontribusi untuk bangsa. Profesional dalam bekerja. Kompeten dalam berkarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar