Thursday, December 27, 2012

Catatan Hatiku


Satu Hari, Sepenggal kisah perjalanan hidupku  

      
         Hidup itu suatu kenikmatan yang tiada tara ketika kita bisa memanfaatkan perjalanan kehidupan ini dengan sebaiknya. Dan yang terpenting kita tidak melupakan sang Pencipta. Setiap manusia pasti mempunyai kisah tersendiri dalam mengarungi perjalanan kehidupannya. Melalui goresan kata-kata ini aku akan berbagi cerita tentang hidupku, kisahku dan perjalananku dalam mengarungi samudra kehidupan. Kisahku ini akan aku mulai pada kegiatan sehari-hari. Tapi sebelumnya kita kenalan dulu. Namaku Agus Yulianto, anak Karanganyar kelahiran 27 Juli.  Memang aku bukan remaja lagi tapi aku tetap muda dan semangatku tak mau kalah dengan semangat anak remaja dalam menjalani kehidupan ini.
 Perjalanan hidupku aku mulai ketika pukul 04.30 wib pagi. Inilah waktu ku untuk mendekatkan diri kepada sang khalik. Ya..ibadah sholat shubuh. Itulah hal yang tidak aku lupakan.Setelah menjalankan ibadah sholat shubuh aku tidak lupa menyempatkan diri untuk tilawah meskipun walau hanya 3 lembar. Pukul 05.00 aku menjalani aktivitas pagi seperti biasanya ; olahraga lari-lari mengelilingi lapangan kampus IAIN Surakarta. Karna hidupku memang di kampus. Aku anak penjaga masjid kampus. Sudah 3 tahun ini aku menjadi takmir masjid. Lari pagi usai, aku melanjutkan aktivitasku bersih-bersih masjid. Seperti nyapu, bersihkan kamar mandi dan lain sebagainya. Itu semua aku lakukan sampai jam 06.30. Setelah semua selesai aku istirahat sejenak sambil membaca Koran biar tahu berita yang berkembang. Karna prinsipku sebagai mahasiswa aku jangan sampai ketinggalan informasi. Istirahat usai, aku  mulai persiapan untuk sarapan pagi dan berangkat kuliah. Di takmir Alhamdulillah kita makan masak sendiri sehingga pengeluaranku bisa di hemat. Dengan jatah dari orang tua perbulan hanya 100 ribu rupiah bisa dikatakan itu belum mencukupi kebutuhanku sebagai mahasiswa. Jam 07.00 pagi aku sudah berangkat kuliah menuju kampusku yang hijau. Akupun mengikuti perkuliahan dengan seksama. Setelah usai kuliah sekitar pukul 12.00 wib aku melanjutkan dengan ibadah sholat Dhuhur.
            Pukul 13.00 wib aku tidak hentinya untuk beraktivitas kembali.aku mengikuti sekolah tahsin yang di adakan lembaga pengembangan pendidikan al-qur’an yaitu LP2Q yang berada di IAIN Surakarta. Aku mengikuti kegiatan ini sudah sejak semester 4 kemarin dan sampai sekarang. Kegiatan tersebut merupakan sarana pembelajaran membaca al-qur’an bagi mahasiswa yang mau ingin mengembangkan kemampuannya dalam membaca al-qur’an. Kegiatan ini berlangsung sampai pukul 15.00 Wib dengan pengampu oleh Ustadz Rial Fu’adi. Seusai belajar Tahsin tidak lupa aku melaksanakan kewajibanku sebagai umat islam yaitu ibadah sholat Ashar. Dan aktivitasku masih berlanjut tidak sampai di sini saja.
Pukul 15.30 aku harus persiapan untuk siaran di Radio Dista FM sebuah Unit kegiatan Mahasiswa di bidang broadcasting. Aku di sana sebagai penyiar khusus untuk acara talk show. Dan kali ini aku akan memandu talk show dengan salah satu UKM di IAIN. Di radio Dista aku sudah tidak memakai nama asliku, tapi aku punya nama sendiri sebagai seorang penyiar, Dj Bagus. Itulah nama udaraku setiap kali mengudara aku selalu menggunakan nama itu. Nama itu aku pilih karna suaraku memang bagus dan keren kata sobat dista , sebutan bagi para pendengar radio Dista. Aku memandu jalannya acara tersebut sampai pukul 16.30 WIB. Sungguh sangat menyenangkan ketika aku bisa menghibur para pendengar meskipun sekarang dikatakan peminat radio begitu minim dibandingkan tahun lalu. Hal ini di karenakan karna berkembangnya teknologi audio-visual , televise.
            Usai siaran aku melanjutkan aktivitasku kembali; rapat. Aku selain bergabung dengan UKM Dista aku juga aktif di UKM LDK. Alhamdulillah di LDK aku di amanahi sebagai ketua bidang hubungan masyarakat ( HUMAS ). Pada pertemuan kali ini aku dan tim humasku merancang sebuah program kegiatan yaitu kegiatan kunjungan di sebuah lembaga yang bergerak di media. Pada kegiatan rapat kali ini kita menghasilkan satu agenda yaitu kita akan adakan kegiatan kunjungan di sebuah media massa yang ada di daerah Solo raya. Tentunya media yang akan kita tuju merupakan sebuah media yang tidak asing lagi. Media itu antara lain Media cetak Joglo Semar. Yang salah satu media surat kabar yang baru berdiri menyemarakkan media di solo raya. Rapat pun usai pukul 17.30 akupun kembali ke takmir untuk persiapan sholat magrib dan bersih-bersih badan.
            Suara adzan berkumandang pukul 17.56, setelah usai mandi aku menuju ke masjid untuk melaksanakan ibadah sholat magrib. Setelah selesai sholat aku melanjutkan dengan membaca al-qur’an sampai ibadah sholat isya’menjelang. Usai sholat isya’ aku dan teman-teman yang ada di takmir persiapan makan malam. Untuk merubah suasana di malam ini kita tidak masak akan tetapi, kita pergi jajan bareng ke luar. Kita mencoba untuk menikmati suasana malam di luar, biasa tempat makan yang paling kita suka di hek depan sekolah SMK Muhammadiyah Kartasura.
            Pukul 20.00 aku dan teman-teman takmir kembali menuju tempat berteduh kita, takmir bukhori. Aku pun melanjutkan aktivitas seperti biasanya membaca buku serta membuat tugas kuliah. Hal itu aku lakukan sampai pukul 24.00 Wib. Memang aku ini hobi sekali membaca buku dan menulis. Buku yang paling aku suka yaitu buku tentang cerita , kisah atau tentang pendidikan. Ada beberapa buku yang sudah aku baca seperti; kumpulan cerpen, novel asma nadia cacatatan hati seorang istri, negeri lima menara, serial petualangan mahasiswa UGM di samudar atlantik, serta buku buku yang memuat isu pendidikan., misal buku yang mengupas liberalisasi pendidikan dan yang paling ngtren saat ini buku yang memuat tentang pendidikan karakter.
Hidupku memang tidak pernah lepas dari aktivitas. Satu menit saja aku tidak beraktivitas serasa diri ini ada sebuah kebingungan ‘apa yang akan aku lakukan’.dan ketika aku tidak memberikan nutrisi otakku melalui membaca. Seakan diri ini kehausan akan sebuah ilmu. Alhamdulillah dari kegemaranku membaca aku bisa menuangkan sebuah gagasan, ide-ide dalam sebuah tulisan. Baik itu tulisan yang aku kirimkan di media cetak maupun yang aku aupload di blog ku sendiri. Bagi kalian yang mau melihat atau penasaran dengan tulisanku bisa kalian kunjungi di blog: yuliagusyulianto.blogspot.com. itulah kisahku tentang perjalanan keseharianku. Aku bukanlah manusia yang sempurna akan tetapi aku bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah SWT kepadaku. Meskipun diri ini kadang merintih kelelahan bahkan rasa malas pun kadang menyelimuti namun aku tetap berusaha memotivasi diri ini agar terus produktif. Hidup itu sekali maka jangan sia-siakan kesempatan berharga ini. Salam semangat.

No comments:

Tulisan Disukai Pembaca

Mengulas Buku Fiksi Antologi Cerpen Amygdala

  Amygdala Sebuah Proses Kehidupan www.agusyulianto.com   Judul Buku : Antologi Cerpen FLP Jawa Tengah Amygdala Penulis : Rahman Hanifan, ...