Friday, July 22, 2011

SAJAK

Ijinkan aku bertanya

Oleh :Agus Yulianto

Ketika aku bertanya pada kalian
Yang berdiri menatapku

“ Untuk apa kalian berdiri disini…!”

Disini bukanlah tempat orang-orang nongkrong
Disini bukanlah tempat orang-orang shoping
Disini bukanlah tempat orang-orang bohong

Apakah kalian bisa jawab pertanyaanku

Aku bertanya kembali
Kepada kalian yang ada disana

“ Hai..kawan..aku bertanya…”

Sudah siapkah kalian jadi sarjana….
Sarjana tanpa ilmu
Sarjana tanpa ijazah
Sarjana tanpa bekal makan dan minum
Sehingga kelaparan


Bingung….kemana mencari nasi untuk dimakan
Bingung…dengan bekal apa mencari nasi
Bingung…apa yang didapat dari perguruan tinggi
yang menjadi dambaan dalam hidupnya.

Sudah berulang kali aku katakan…
Janganlah kau hanya berdemontrasi saja
Atas nama rakyat itu senjatamu
Janganlah kalian hanya belanja saja
Atas nama bapakmu yang punya seribu sedan
Janganlah kalian hanya bersyair saja
Atas nama sastra kau jadikan sebagai perayu cintamu

Tiada hari tanpa hari…
Tiada waktu tanpa waktu…
Aku hanya berkata…
Akan sampai kapan kalian bertahan
Dan engkau harus menjawabnya…
Apabila engkau tetap bertahan
Aku akan memburumu seperti kutukan!

No comments:

Tulisan Disukai Pembaca

Mengulas Buku Fiksi Antologi Cerpen Amygdala

  Amygdala Sebuah Proses Kehidupan www.agusyulianto.com   Judul Buku : Antologi Cerpen FLP Jawa Tengah Amygdala Penulis : Rahman Hanifan, ...