Thursday, March 10, 2011

Remaja Muslim, Remaja Super

       Berbicara mengenai remaja tidak akan pernah ada habisnya. memang hal itu benar...Tapi lihat dulu apa yang akan di bicarakan. Di zaman yang serba modern ini sangat jarang orang membicarakan tentang remaja yang tangguh dan super. Rata-rata masyarakat sekarang membicarakan mengenai kehidupan remaja yang notabene di pandang dari negatif. Bukan berbicara tentang bagaimana menjadikan agar remaja sekarang bisa menjadi remaja muslim yang tangguh, smart dan super.
          Kalau berbicara mengenai remaja super. sebenarnya kita harus tahu makna remaja super itu sendiri. Remaja dikatakan super apabila dia pintar, juara, aktivis, dan cakep. Belum tentu, dalam islam yang dimaksud dengan remaja maka ia jadi semakin baik di hadapan Allah SWT dan di hadapan manusia. Jadi kunci utama remaja super adalah ke shalihan, tak ada yang lain oleh karena itu, agar kita bisa jadi remaja super maka kita senantiasa slalu berdoa kepada Allah SWT. Agar menjadikan kita sebagai muslim yang baik, dan dijauhkan dari kesesatan. Salah satu doanya sebagai berikut : " Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada hati kami , dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau, karna sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi (Karunia) < Qs.Ali Imran : 8>
           Sebagai remaja muslim yang super, kita harus mempunyai cita-cita dan tujuan hidup yang super juga. Salah satu kisah dari sahabat Nabi SAW yatiu Khubaib bin 'Ady : Dalam sebuah insiden ; ia ditahan dan disalib oleh orang-orang musyrik. Tatkala orang-orang musyrik bersiap membunuh dan  menyalibnya, maka ia berkata; " aku tidak akan peduli saat aku terbunuh sebagai seorang muslim, dimanakah di sisi Allah jasadku akan ditempatkan. Tujuanku adalah dari dua ujung busur panah. Maka aku takkan peduli. " Dari kisah tersebut dapat belajar bahwa cita-cita yang paling super alias tertinggi adalah surga di akhirat. Sedangkan tujuan yang tertinggi adalah keridhaan Allah SWT.
          Untuk menjadi remaja muslim yang super dengan tujuan dan cita-cita super tidak berarti harus menarik diri dari apa yang kita jalani saat ini. Punya tujuan dan cita-cita super itu berarti setiap saat aktivitas kamu harus di niatkan sebagai ibadah untuk meraih ridha Allah SWT. Setiap kegiatanmu harus berorientasi ke surga, untuk ketemu sama Allah SWT. Semua kegiatan itu berarti dari yang kecil sampai yang besar. Mulai dari makan-minum, tidur, sekolah, sampai berorganisasi, dan sebagainya. Semuanya itu harus diniatkan karena Allah SWT.
         Kesadaran bahwa semua itu harus bernilai ibadah insyaAllah akan membuatmu hati-hati juga. Jika semua kegiatan kita sehari-hari di orientasikan sebagai ibadah, maka kami juga akan menjaganya agar sesuai dengan syariat.
         Ketika kita beraktivitas di bidang duniawi, kita harus tetap menuntut ilmu agama mengamalkannya serta mendakwahkannya. InsyaAllah dengan demikian kita akan menjadi super karena cita-cita dan tujuan kita hanya pada Allah SWT. Maju terus muslim remaja super. 
(Berbagai sumber) 

No comments:

Tulisan Disukai Pembaca

Mengulas Buku Fiksi Antologi Cerpen Amygdala

  Amygdala Sebuah Proses Kehidupan www.agusyulianto.com   Judul Buku : Antologi Cerpen FLP Jawa Tengah Amygdala Penulis : Rahman Hanifan, ...